Mungkin And Ingin Lihat yang Satu Ini

Atau Mungkin yang Ini ???

Selasa, 10 Januari 2012

Tips Memiliki Daya Ingat Tinggi

Melatih Otak Hindari Pikun

Melaltih otak sama seperti halnya latihan fisik, latihan otak juga penting dalam rangka mencapai panjang umur dan hidup bahagia, latihan otak  terbukti untuk meningkatkan kemampuan kognitif seperti memori dan belajar. Latihan-latihan ini juga membantu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, spasial pengakuan dan kemampuan verbal. Jika dilakuakan dengan rutin latihan – latihan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, meningkatkan produktivitas anda di sekolah dan di tempat kerja, juga membantu anda dalam beraktivitas  dan lebih baik dalam segala hal yang anda lakukan.
Penelitian menunjukkan bahwa beberapa latihan otak mengaktifkan lobus frontal dalam cara yang lebih kuat dan bertindak sebagai booster otak dengan menghidupkan kembali neuron dan meningkatkan kreativitas otak Anda.

Salah satu cara melatih otak yang sederhana dan efektif adalah yang Anda mungkin anda bisa pertimbangkan adalah test refleks otak. Dalam test refleks otak ini, anda akan menguji seberapa cepat otak anda tanggapan terhadap stimulus tertentu. Anda bisa mendapatkan test ini  secara online atau melalui softwar – software  tes otak yang memungkinkan anda untuk mengukur waktu respons terhadap rangsangan tertentu, dengan cara merespon suatu perubahan gambar pada layar. Tujuan test ini adalah untuk mendapatkan skor 0,20 detik pada tes pertama dan 58 poin di tes kedua.
Permainan lainnya yang dianggap sebagai cara melatih otak kanan yang bagus adalah peregangan dan uji memori, teka-teki Sudoku, Rubik’s Cube, latihan konsentrasi. Permainan dan aktivitas ini tidak hanya bertujuan untuk merangsang kekuatan otak anda, tetapi kecerdasan spasial dan visual memori juga.
Pemecahan masalah matematika juga merupakan salah satu dari latihan otak sederhana, dengan menjawab pertanyaan matematika sebanyak mungkin pada periode waktu  yang lebih singkat adalah latihan yang baik juga untuk otak Anda.
Permainan lain yang baik untuk dicoba antara lain:  teka-teki, trivia, dan ilusi optik yang dianggap sebagai latihan otak yang efektif. Latihan ini akan benar-benar membantu anda dalam bekerja dengan menggunakan logika. Matematika, kosakata, keterampilan perhatian dapat  membantu anda dalam mengelola stres juga. Hal ini merupakan  cara-cara baru bermain cerdas sambil meningkatkan kesehatan mental Anda.
Teknik tambahan untuk melatih otak kanan anda yaitu dengan membaca cepat untuk membangun memori dan pemahaman dan mnemonik untuk penyimpanan informasi penting seperti nama, kata-kata dan angka.
Di samping banyak manfaat yang diberikan oleh latihan otak untuk memori dan kemampuan kognitif, latihan-latihan ini juga membantu mencegah  penyakit mental seperti penyakit Alzheimer, Parkinson dan demensia. Hilangnya ingatan berkaitan dengan penuaan dapat dihindari sepenuhnya dengan latihan otak ini dan hasilnya bisa untuk jangka panjang.
Para ahli juga mengatakan bahwa latihan-latihan ini membantu dalam meningkatkan tingkat kecerdasan anda, meskipun kekuatan otak seseorang tergantung pada berbagai faktor seperti kesehatan, diet, serta pola tidur.
Penuaan otak anda kini dapat dikembalik dengan melakukan latihan-latihan ini. Dan mencapai hasil yang diinginkan dan keuntungan jangka panjang didapat dengan  mudah jika anda mau mengalokasikan beberapa menit dari waktu anda setiap hari untuk melakukan beberapa latihan otak secara rutin.


Lalu bagaimana Cara Mempertajam Daya Ingat Pada Otak??
Cara Mempertajam Daya Ingat
Nah, , menanggapi peristiwa diatas, kali ini akan saya lengkapi tips mempertajam daya ingat sobat dengan menuliskan Cara Mempertajam Daya Ingat. Biar nggak berlama- lama silahkan saja langsung sobat simak tips mempertajam daya ingat berikut :
1. Makanan
Konsumsi minyak ikan, atau jga dengan blueberry, buah bit, dan bawang merah. Bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat membantu meningkatkan ketajaman daya ingat.Hal penting lain yang harus diketahui ketika memilih makanan untuk menambah daya ingat adalah jumlah vitamin. Vitamin C membantu dalam mencegah hilangnya daya ingat. Vitamin B12 dan B6 juga sangat penting untuk melindungi sistem saraf.
Dengan mengkonsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan daya ingat berarti mencegah atau mengobati penyebab kehilangan memori. Sebagai contoh, biji-bijian dan buah-buahan, serta sayuran yang kaya serat dan membantu mencegah diabetes karena dalam beberapa kasus, diabetes dapat menyebabkan hilangnya daya ingat yang parah. Karena kenyataan ini, masyarakat dianjurkan untuk makan padi-padian, sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari.
Makanan untuk meningkatkan daya ingat termasuk blewah, blueberry, asparagus, kismis dan ubi jalar. Makanan ini meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan energi Makanan lain seperti semangka, tomat, kubis merah, ceri, lobak dan stroberi dapat berfungsi untuk mengurangi stress.
Sarden, serta jenis ikan lain, mengandung lemak tak jenuh ganda diianjurkan untuk dikonsumsi setidaknya dua kali per minggu. Zat yang paling penting yang  dihasilkan dari lemak ikan adalah omega-3 yang dapat membantu dalam . Selain lemak ikan, minyak baik juga bertindak seperti makanan untuk meningkatkan memori. Minyak zaitun, serta minyak rami, membantu otak untuk berfungsi dalam parameter normal.
Pengaturan makanan mungkin merupakan cara paling sederhana untuk mencegah dan menyembuhkan kehilangan memori. Langkah ini menjamin bahwa tubuh yang diperlukan asimilasi jumlah vitamin dan nutrisi alami yang cukup dan seimbang. Namun, karena  berbagai alasan diet tidak memberikan jumlah yang diperlukan tubuh, orang dianjurkan untuk menggunakan suplemen.
Selain menggunakan makanan sebagai cara meningkatkan daya ingat, orang juga dapat menggunakan beberapa minuman. Namun, kita harus tahu bahwa efek tidaknya besar. Misalnya kopi, ketika dikonsumsi berlebihan malah akan menyebabkan kurangnya konsentrasi tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih sedikit mampu meningkatkan memori.
2. Air Putih
Nah, konsumsi air putih minimal setengah liter sampai 5 liter(sangat dianjurkan) perhari.
3. Senam Otak
Lakukan senam otak dengan game game yang bisa mempertajam daya ingat, contoh tebak-tebakan atau menghafalkan lirik lagu, bermain teka-teki silang atau sudoku, maupun berbagai gerakan tangan contohnya jari berdansa dan lain-lain.
4. Tidur Yang Cukup
Dengan tidur yang teratur, saraf akan beristirahat pada waktunya. rata-rata tidur yang cupun atau minimalnya adalah 7-8 jam per hari, namun pada beberapa kasus terdapat beberapa orang yang memiliki daya kerja fisik dan otak yang tinggi sehingga tidak butuh banyak istirahat bahkan hanya 3-4 jam perhari.
5. Santai
Jangan terlalu sering stres, usahakan pikiran terjaga untuk rilex, Cara Mengatasi Stres atau Cara Menghilangkan Cemas untuk sobat yang mungkin tidak bisa santai karena stres, bisa dengan meminum maupun memakan makanan manis, meminum coklat panas, memakan coklat, dan berbagai cara lainya. namun perlu diingat bahwa konsumsi makanan tersebut tidak boleh berlebihan sesuai kebutuhan dan kesehatan masing-masing orang.

6. Olahraga
Nah, selain menjaga kebugaran tubuh olahraga juga mampu mempertajam daya ingat. tapi tidak perlu olahraga berat-berat dan berlebihan.
7. Berfikir Melalui Gambar dan Hal-Hal Penuh Warna
Melalui jalur otak kanan, kita mampu mendapat berbagai manfaat. dengan otak kanan yang terlatih kita mampu mengingat gambar-gambar, maupun hal-hal yang full color alias penih warna. Contoh ketika sobat menyusun daftar belanja dengan pensil warna yang wrna-warni, maka otak akan mampu mengingat lebih baik.
8. Berfikir Sambil Mengingat Masa Lalu Positif
Cobalah membuka memory sobat di masa lalu, namun memory yang positif bukan yang negatif atau broken.karena dengan mengingat memori positif-positif kita, bisa melatih ingatan, disamping itu kita mampu termotivasi untuk bisa menjadi lebih baik lagi dan berbangga atas kemampuan kita.

Eitss,, masih ada tips untuk mempertajam daya ingat lainya

Sekian dulu ya.....
kata kunci : tips memiliki daya ingat tinggi, cara memiliki daya ingat tinggi, bagaimana agar tidak mudah lupa/pikun, melatih daya ingat, memperkuat daya ingat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar