Mungkin And Ingin Lihat yang Satu Ini

Atau Mungkin yang Ini ???

Rabu, 06 Juni 2012

Cara Merubah Satuan Inchi ke Satuan Lainnya di Corel Draw

image Memang bagi pengguna coreldraw versi berapapun sedikit susah dan agak kesulitan bila bekerja menggunakan option standar (dalam hal ini menggunakan ruler dalam satuan inchi), kalau untuk keperluan membuat icon ataupun desktop publishing di web/blog pasti selalu menggunakan metode inchi atau pixel.


Nah.. disini kita akan bahas bagaimana mengatur pekerjaan desain kita agar lancar dan sesuai dengan kebutuhan (dalam hal ini merubah pengaturan ruler dari inchi ke centimeter atau milimeter di coreldraw). Bagi yang sudah faham mungkin tidak perlu mengikuti anjuran ini, atau hanya sekedar sharing juga tidak masalah.

Langkah pertama : buat saja lembar kerja baru seperti biasanya klik Ctrl+N atau File>New. Kemudian pada Property Bar cari OPTION MENU atau tekan tombol Ctrl+J seperti gambar di bawah ini:


image

setelah benar-benar menekan tombol Ctrl+J akan keluar menu box seperti ini

image
selanjutnya …

beri tanda centang seperti gambar disamping untuk menandai pengaturan penyimpanan selanjutnya.
kemudian sampai disini pilih Ruler atau klik Rulers seperti gambar yang dikotak merah.
akan keluar menu lagi seperti dibawah ini :


Selanjutnya ..


supaya lebih mudah buat perintah pengaturan seperti gambar disamping
pengaturan inchi/pixel ke centimenter dan milimeter bisa dilakukan juga pada Sub Direktori Guidlines yang terdiri dari pengaturan Horizontal, Vertikal, Guides dan Presets yang kesemuanya harus anda rubah menjadi satuan centimeter atau milimeter. (lihat gambar dibawah)

image 








image

Nah… sampai disini kita sudah mengetahui cara merubah ruler option
Untuk selanjutnya akan dibahas cara mengatur sendiri ukuran menjadi HVS / Folio yang mana dalam bahasa internasional dikenal dg ukuran F4 di bagian postingan cara mengatur sendiri (custom) ukuran kertas/sheet di coreldraw.

6 komentar: