Mungkin And Ingin Lihat yang Satu Ini

Atau Mungkin yang Ini ???

Minggu, 25 Maret 2012

Cara Optimalisasi Kecepatan Modem Internet

Koneksi internet menggunakan USB dial up modem kerap kali bermasalah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah dikarenakan perangkat modem USB itu sendiri dan bisa juga disebabkan oleh kondisi computer yang kurang baik.
Seperti yang kita ketahui, saat ini USB Modem sedang marak dipasaran baik itu yang berbasis teknologi CDMA maupun GSM. Harganya pun beragam, mulai dari yang seharga 200 ribu-an hingga yang berjuta.


Terdapat beberapa merek dan type dari produsen yang berbeda-beda. Berikut ini adalah sebagian dari USB Dial Up Modem yang sering kita jumpai di toko-toko computer. Prolink, Huawei, t-mobile, advance, venus, dsb.

Koneksi internet menggunakan USB modem tidaklah seenak menggunakan speedy, wireless ataupun jenis koneksi non dial up lainnya. Jika kita menggunakan koneksi speedy kemudian beralih kemodem USB Dial Up maka kita akan merasakan beberapa perbedaan yang signifikan. Ketika kita menggunakan speedy atau wireless, maka kita akan merasa lebih nyaman berselancar didunia internet. Sementara saat kita menggunakan USB Dial Up Modem kita akan sering merasa terganggu, seperti speed lemot, perangkat modem putus nyambung dan lain sebagainya. Akan tetapi terlepas dari beberapa sisi kekurangan tersebut memang harus diakui bahwa salah satu alasan memilih USB Modem adalah karena factor murahya, dan juga lebih fleksibel.

Pada posting ini saya akan sedikit mengurai tentang USB Dial Up Modem Venus dengan type VT80. Dari beberapa type USB Modem yang saya sebutkan diatas, Venus VT80 adalah salah satu yang kerap bermasalah. Sering kali tidak stabil, putus nyambung, saat temperature modem sudah agak panas seketika akan disconnect dengan indicator lampu pada modem yang semula berwarna hijau menjadi merah. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi permasalahan tersebut? Apakah dikarenakan harganya yang relative murah dibanding beberapa modem sejenis lainnnya lantas kemampuan Venus VT80 hanya sebatas itu?

Perlu anda ketahui bahwa selain dari kualitas modem itu sendiri operator penyedia layanan paket data juga sama-sama memiliki perananan untuk mengoptimalkan kinerja suatu jenis koneksi, dalam hal ini tentunya koneksi internet. Sebagus apapun USB Modem yang anda pakai jika operator penyedia layanan anda bermasalah maka anda juga tidak akan dapat menikmati koneksi internet yang seperti anda harapkan.

Seperti yang kita ketahui hampir semua operator cellular di Indonesia saat ini sudah menyediakan layanan paket data internet, baik itu yang berbasis CDMA maupun GSM. Ada Telkomsel (Telkomflash), XL Broadband, Im2, Fren, StarOne, Flexi dan sebagainya.

“Flexi” saya akan sedikit me-review layanan salah satu operator CDMA terbesar di Indonesia tersebut. Flexi memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan rival-rivalnya, seperti jaringan lebih luas, akurasi service, dsb.

Selanjutnya, “bagaimana jika kita menggunakan USB Modem Venus VT80 kemudaian kita memakai layanan operator flexi?”  Seperti yang sudah saya uraikan diatas dimana terdapat beberapa kekurangan pada modem ini.

Jika anda hanya berpatokan pada direksi/petunjuk yang diberikan oleh operator ataupun produsen modem, maka koneksi internet anda akan terus didera masalah.

Let’s fix it!

Jika anda menggunakan layanan operator flexi, perlu anda ketahui bahwa ketika computer anda sedang dalam kondisi online tapi anda tidak melakukan apapun aktifitas, maka flexi akan memutus (disconnect) koneksi internet anda secara otomatis. Hal tersebut bertujuan untuk menghemat bandwidth.

Bagaimana solusinya?

Agar flexi tidak memutus koneksi internet anda pada saat computer anda tidak beraktifitas maka anda harus membuat computer anda senantiasa terlihat aktif oleh system flexi.

Bagaimana cara melakukannya?

Disini anda harus memiliki software berikut: StayAlive, Pinger V3 Alpha (bisa menggunakan versi lainnya), CfosSpeed. StayAlive berfungsi untuk membuat computer anda senantiasa terlihat online dan dalam kondisi aktif. Pinger, fungsi tool ini sebenarnya sama dengan StayAlive, namun saya anjurkan anda menggunakan kedua-duanya agar computer anda benar-benar terdeteksi keep online oleh system flexi. CfosSpeed, fungsi software ini adalah mengoptimalkan kecepatan (speed) koneksi internet anda.

Sebaiknya anda membuat koneksi sendiri, jangan melakukan dial/connect keinternet melalui program bawaan Venus. Buatlah koneksi internet sendiri dengan cara masuk ke control panel computer anda, kemudian klik network connections, pada menu task silahkan pilih create a new connection kemudian ikuti langkah-langkah seperti yang diminta sampai finish. Setelah koneksi yang anda buat sudah jadi, setiap kali anda ingin connect keinternet pakailah koneksi yang anda buat tadi, jadi anda tidak perlu membuka program Venus untuk melakukan dial/connect. Anda hanya perlu membuka program Venus untuk mengecek kekuatan signal.

Trik seperti dijelaskan diatas benar-beanr akan sangat membantu untuk meminimalisir trouble koneksi internet anda. Hal tersebut berdasarkan pengalaman dan pengujian yang sudah saya lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar